Perusahaan dan Orientatsi Pasar



Beberapa Istilah dalam Bisnis 

  • Marketing mix
strategi pemasaran yang di laksanakan secara terpadu atau strategi pemasaran yang di lakukan secara bersamaan dalam menerapkan elemen strategi yang ada dalam marketing Mix itu sendiri.
  • SWOT
Analisis SWOT adalah suatu bentuk analisis di dalam manajemen perusahaan atau di dalam organisasi yang secara sistematis dapat membantu dalam usaha penyusunan suatu rencana yang matang untuk mencapai tujuan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang.
  • Franchising
Franchising adalah  di mana salah satu pihak diberikan hak untuk memamfaatkan dan atau menggunakan hak atas kekayaan tinjauan hukum islam terhadap transaksi bisnis Intelektual atau penemuan atau cirri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang atau jasa.
  • Price
Harga(Price) adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh suatu produk. Harga merupakan satu-satunya unsur bauran pemasaran yang memberikan pemasukan atau pendapatan bagi perusahaan.
  • Market
Market (pasar) adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.


Perbedaan Perusahaan yang Melakukan Orientasi Pasar dan Perusahaan yang Tidak Melakukan Orientasi Pasar 

  • Memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas.
  • Mengasumsikan bahwa pembeli menghargai produk yang dibuat dengan baik dan mereka dapat menilai kualitas dan kinerja suatu produk.
  • Melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
  • Menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
  • Menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraaan konsumen dan masyarakat.

Menurut pendapat saya, berdasarkan perbedaan perusahaan yang melakukan orientasi pasar dengan perusahaan yang tidak melakukan orientasi pasar, dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang melakukan orientasi pasar lebih unggul dalam menarik minat konsumen untuk menggunakan produknya. Perusahaan yang melakukan orientasi pasar juga lebih mengenal perilaku konsumen mengenai produk, sehingga perusahaan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan para konsumen dan konsumen akan bergantung terhadap produk yang dihasilkan sehingga dapat menaikkan penjualan dan keuntungan akan bertambah yang berdampak pada keberhasilan suatu usaha. Sedangkan perusahaan yang tidak melakukan orientasi pasar akan menghadapi kesulitan dalam memasarkan produknya, disebabkan karena kurangnya pengetahuan mengenai perilaku konsumen sehingga tidak mengetahui apa yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Contoh Franchising Lokal dan Francishing Asing

0 comments:

Post a Comment

Copyright 2009 Little Story. . . . All rights reserved.
Bread Machine Reviews | watch free movies online by Blogger Templates