Beberapa
Istilah dalam Bisnis
- Marketing mix
- SWOT
- Franchising
- Price
- Market
Perbedaan Perusahaan yang Melakukan Orientasi Pasar dan Perusahaan yang Tidak Melakukan Orientasi Pasar
- Memusatkan perhatian pada usaha-usaha untuk mencapai efisiensi produksi yang tinggi dan distribusi yang luas.
- Mengasumsikan bahwa pembeli menghargai produk yang dibuat dengan baik dan mereka dapat menilai kualitas dan kinerja suatu produk.
- Melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif.
- Menjadi lebih efektif daripada para pesaing dalam memadukan kegiatan pemasaran guna menetapkan dan memuaskan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran.
- Menentukan kebutuhan, keinginan, dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing dengan mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraaan konsumen dan masyarakat.
Menurut pendapat saya, berdasarkan perbedaan
perusahaan yang melakukan orientasi pasar dengan perusahaan yang tidak melakukan
orientasi pasar, dapat disimpulkan bahwa perusahaan yang melakukan orientasi
pasar lebih unggul dalam menarik minat konsumen untuk menggunakan produknya. Perusahaan
yang melakukan orientasi pasar juga lebih mengenal perilaku konsumen mengenai
produk, sehingga perusahaan dapat mengetahui apa yang dibutuhkan para konsumen
dan konsumen akan bergantung terhadap produk yang dihasilkan sehingga dapat menaikkan
penjualan dan keuntungan akan bertambah yang berdampak pada keberhasilan suatu
usaha. Sedangkan perusahaan yang tidak melakukan orientasi pasar akan
menghadapi kesulitan dalam memasarkan produknya, disebabkan karena kurangnya
pengetahuan mengenai perilaku konsumen sehingga tidak mengetahui apa yang
dibutuhkan oleh para konsumen.
Contoh Franchising Lokal dan Francishing Asing
Franchising Lokal :
- J.CO Donuts & Coffee
- Alfamart
- Indomaret
- Sabana Fried Chicken
- Depo Air Minum Biru
Franchising Asing :
- Starbucks Corporation
- KFC (Kentucky Fried Chicken)
- Pizza Hut
- Dunkin Donuts
- A&W Restaurants
Sumber :
- https://dansite.wordpress.com/2009/03/24/definisi-pasar-market/ (22:28)
- https://www.lebahmaster.com/pengertian-marketing-mix/ (14:14)
- http://www.pengertianku.net/2015/03/pengertian-analisis-swot-dan-manfaatnya.html (14:16)
- https://rahmaanurull.wordpress.com/2013/04/19/pengertian-franchising-franchisor-franchisee-franchise-fee-dan-royalty-fee-biaya-royalti/ (14:18)
- http://materikuliahmanajemens1.blogspot.com/2013/07/pengertian-harga.html (14:19)
- http://www.ssbelajar.net/2014/04/orientasi-perusahaan-terhadap-pasar.html (23:26)
0 comments:
Post a Comment